MULYATI'S BLOG

Guru biasa memberitahukan,
Guru baik menjelaskan, Guru ulung memperagakan,
Guru hebat mengilhami.
Pengalaman Pembelajaran Lesson Study KTI/PTKSoal MatInfo

Minggu, 29 Mei 2011

Belajar Menjadi Guru Inovatif


PEMANFAATAN MEDIA ENVI-TECH  SEBAGAI UPAYA  MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA  MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
PADA  SISWA  KELAS  VIII  A SMP N. 25 SURAKARTA
 
ABSTRAKSI
Latar belakang  penulisan karya ilmiah ini adalah kegelisahan penulis akan rendahnya hasil belajar siswa  tidak hanya dari aspek akademis (kognitif) tetapi juga aspek sikap (afektif) terhadap matematika.  Salah satunya berkaitan dengan kurang kreatifnya guru memilih media pembelajaran yang efektif dan menarik. Selain itu pembelajaran lebih banyak didominasi guru dengan ceramah, dan siswa tidak diberi kesempatan menemukan konsep yang dipelajarinya secara mandiri. Di kalangan siswa selama ini juga banyak yang menganggap matematika pelajaran sulit dan membosankan.
Tujuan penulisan ini adalah sebagai alternatif menjawab permasalahan  berkaitan rendahnya hasil belajar tersebut. Penulis mencoba melakukan inovasi pembelajaran dengan  menerapkan media ENVI-TECH (environent – technology) yaitu perpaduan berbagai media berbasis teknologi dengan memanfaatkan sumber belajar dan software pembelajaran dari internet dan media berbasis  lingkungan di sekitar siswa berupa benda-benda atau barang-barang tidak terpakai  seperti karton bekas, kalender bekas, kayu, lidi, tusuk es krim, dan lingkungan sekitar siswa.
Pemanfaatan dua basis media tersebut penulis terapkan pada materi bangun ruang sisi datar  pada kelas VIII A SMP N 25 Surakarta tahun 2009/2010. Pengalaman tersebut penulis tuangkan dalam laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui 2 siklus ditunjang oleh literatur relevan dari berbagai sumber (buku teks, internet).
Penerapan media ENVI-TECH terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar matematika baik secara kognitif maupun afektif. Secara kognitif  terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 62,50 % (sebelum tindakan) menjadi 72,50 % (siklus I) dan menjadi 87,50 % pada siklus II atau terjadi kenaikan sebesar 25 % dari sebelum tindakan  ke siklus II.               Rata-rata nilai siswa meningkat dari 62,88 (sebelum tindakan) menjadi 65,65 (siklus I) dan menjadi 71,73 pada siklus II atau naik sebesar 9,35 dari sebelum tindakan ke siklus II. .       Secara afektif pemanfaatan media ENVI-TECH juga dapat menumbuhkan kesan-kesan positif tentang matematika dan pengembangan nilai humanisme siswa  berupa kreatifitas, kerjasama, percaya diri dan tenggang rasa siswa terhadap siswa lain. Hal ini  membuktikan bahwa pemanfaatan media ini mampu memfasilitasi pembelajaran  yang efektif, efisien, interaktif  menyenangkan dan memotivasi peserta didik  untuk berpartisipasi aktif, dan mandiri sehingga menumbuhkembangkan  karakter peserta didik dalam belajar.
Oleh karena itu  sebagai guru penulis menyarankan agar dalam pembelajaran matematika hendaknya guru memanfaatkan berbagai media baik di sekolah maupun  di lingkungan sekitar  dalam pembelajaran matematika dan memadukannya secara integral. Bagi sekolah yang sudah ada fasilitas teknologinya dapat memadukan media di lingkungan dengan media yang berbasis teknologi, sehingga siswa termotivasi dan aktif belajar sehingga hasil belajarnya meningkat.

      
Kata Kunci: Media Lingkungan, Media Teknologi, Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Datar


2 komentar:

  1. Jasa Pencarian Literatur / Pustaka untuk Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, Perusahaan)

    http://cariliteratur.biz.nf

    cepat, akurat, mudah dan murah

    BalasHapus
  2. Wih bu teti keren banget nih karyanya.. mantap :)

    kunjungi jusga ya, obat herbal xamthone plus

    BalasHapus